Event Foodelicious: The Art of Your Business by Greenpack

Sabtu (23/11) INDITY Coworking Space bersama Greenpack Indonesia mengadakan event Foodelicious yang merupakan  hasil kerjasama kedua belah pihak, dengan INDITY Coworking Space sebagai venue support. Dengan mengundang pembicara Chef Chandra dan Food photographer professional Charlie Sugiri, acara ini diaadakan mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 15.00 WIB. Mengambil tema The art of your business, event Foodelicious yang sudah dilaksanakan 3 kali ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk belajar mengenai menu masakan baru dan teknik fotografi untuk objek makanan. Dengan mengundang pembicara-pembicara yang professional pada bidangnya, Greenpack sebagai perusahaan packaging makanan ramah lingkungan dengan standart foodgrade ingin terus mewujudkan pelaku usaha kuliner dan calon pengusaha kuliner yang kreatif dalam berbisnis dan mampu mengembangkan bisnisnya.

            Acara dimulai dengan pembukaan obrolan santai mengenai venue tempat acara Foodelicious berlangsung, yaitu INDITY Coworking Space yang menurut para peserta sangatlah nyaman. Selanjutnya acara pertama dari rangkaian event Foodelicious adalah sharing session dan talkshow dengan pihak Zomato sebagai sponsor, Bersama dengan Chef Chandra dan Charlie Sugiri membahas mengenai bisnis food and beverages di masa saat ini. Setelah asik berbincang mengenai perkembangan bisnis makanan dan sedikit product knowledge mengenai Zomato, chef Chandra kemudian bersiap untuk menampilkan keahliannya mengolah makanan dalam demo masak.

            Acara selanjutnya adalah demo masak dari Chef Chandra yang diselingi obrolan-obrolan dan pertanyaan dari para peserta. Menu yang disajikan oleh Chef Chandra dengan sangat piawai ini ternyata banyak ditunggu-tunggu oleh para peserta. Dengan menyajikan menu Cranberry Walnut Banana Yoghurt Salad yang dipadukan dengan beberapa makanan Indonesia seperti gulai ayam, balado cumi udang tumis sayur dan rendang telur, semua plating dan penyajian terlihat menggiurkan. Chef Chandra pun juga memberikan pendapatnya dalam berbisnis ,“Kalau saya bisa dibilang selalu jalan, coba dulu kalau udah jalan baru berhitung. Mindsetnya jangan mau menang sendiri, jadi ada trust dari orang lain”. Dalam berbisnis, chef Chandra memberi pesan pada peserta untuk berani berbisnis dan memulai usaha di bidang kuliner.

            Selain Chef Chandra, Food Photographer Charlie Sugiri juga memberikan tips-tips menariknya dan mengajarkan langsung kepada peserta bagaimana cara yang menarik untuk mengabadikan makanan dalam bentuk foto. Menurutnya, kreatifitas harus bisa dikembangkan dalam mengambil gambar atau foto makanan. “Kita bisa  memotret apa saja dengan peralatan seadanya. Menggunakan property setempat, karena masalah kreatifitas kita jangan sampai terpaku. Harus expand apa saja yang ada disekitar”. Dalam sesinya, Charlie Sugiri pun juga menambahkan bahwa dalam food photography ada komponen 5W+1H. Harus tahu siapa yang difoto, jika foto makanan pun harus memahami ingredients nya, rasanya, suasananya kapan, hingga biaya yang dikeluarkan untuk membuat makanan tersebut. Baginya, setiap foto memiliki karakter rasa dan nuansa yang berkonsep. Terakhir, Charlie Sugiri juga menambahkan bahwa tidak ada halangan bagi food photographer untuk menggunakan ponsel saja, asal tahu pencahayaan yang bagus dan bisa diatur, pasti bisa kreatif dalam membuat foto makanan yang baik.

Recent Articles